Skip to main content

Install Apache2, PHP5, dan MySQL pada Ubuntu 10.10

Tahap Persiapan
Pada simulasi pelatihan ini saya asumsikan server yang ada pada saat ini dikondisikan sebagai server1.hostname.com dengan alamat IP 192.168.1.3. Setting ini mungkin berbeda dengan kondisi anda masing-masing dilapangan, jadi silahkan ganti parameter tersebut dengan parameter anda masing-masing
Langkah pertama adalah menginisialisasikan privilege anda sebagai root dengan perintah : sudo su (pada shell terminal)

Fungsi sudo su

Menginstall MySQL
Sebagai catatan, installasi pada ubuntu ini dibutuhkan koneksi internet. Oke, selanjutnya kita akan menginstall database server (MySQL) dengan mengetikkan perintah :
apt-get install mysql-server mysql-client
Pada saat proses instalasi nanti anda akan diminta password root untuk MySQL dimana pasword yang dimasukkan nanti akan valid untuk user root@localhost dan user root@server1.hostname.com, sehingga untuk kedepannya nanti kita tidak perlu menspesifikasi password lagi.
New password for the MySQL "root" user : <- isidenganpasswordanda
Repeat password for the MySQL "root" user : <- isidenganpasswordanda

Menginstall Apache2
Apache 2 sudah tersedia dalam bentuk paket pada ubuntu 10.10 dengan mengetikkan perintah :
apt-get install apache2 
Jika telah selesai proses instalasi, silahkan buka web browser anda lalu ketikkan alamat http://localhost, dan seharusnya akan tampil halaman seperti dibawah ini :

Welcome pages Apache2

inilah catatan penting pada hasil instalasi apache2 :
  1. Default document root yang terinstall adalah : /var/www
  2. File konfigurasi terdapat pada : /etc/apache2/apache2.conf 
  3. Penambahan konfigurasi terdapat pada subfolder : /etc/apache2 seperti
    • Untuk pengaturan modules ada di /etc/apache2/mods-enabled
    • Untuk virtual host ada di  /etc/apache2/sites-enabled
    • dan konfigurasi lainnya bisa ditambahkan di /etc/apache2/conf.d

Menginstall PHP 5
Kita dapat menginstall PHP 5 dengan mengetikkan perintah berikut pada shell terminal :
apt-get install php5 libapache2-mod-php5
Setelah proses instalasi disarankan untuk merestart apache server dengan perintah
/etc/init.d/apache2 restart

Test PHP5 dan Mendapatkan Informasi Detail Tentang Instalasi PHP5
Buat sebuah file PHP pada folder /var/www dengan menggunakan aplikasi text editor ataupun aplikasi web builder yang anda sukai dengan isi file (contoh info.php) sebagai berikut :
phpinfo();

Lalu panggil halaman tersebut pada browser (http://localhost/info.php) maka akan tampil halaman sebagai berikut :

Php info viewer

Seperti yang anda lihat disitu akan tertera modul PHP yang aktif beserta konfigurasi lainnya yang terintegrasi dengan Apache2 Handler. MySQL belum termasuk dalam modul yang terinstall sehingga harus kita tambahkan secara manual beserta modul-modul lainnya yang dibutuhkan pada pembuatan aplikasi berbasis PHP.

Menambah MySQL Support pada PHP
Untuk mnginstall MySQL support pada PHP, kita harus menambahkan secara manual package PHP (PHP5-mysql). Untuk proses ini baiknya ditambahkan pula modul-modul lainnya dengan menuliskan perintah sebagai berikut :
apt-get install php5-mysql php5-curl php5-gd php5-idn php-pear php5-imagick php5-imap php5-mcrypt php5-memcache php5-mhash php5-ming php5-ps php5-pspell php5-recode php5-snmp php5-sqlite php5-tidy php5-xmlrpc php5-xsl php5-json
Setelah selesai instalasi disarankan untuk merestart kembali apache2 server :
/etc/init.d/apache2 restart
Lalu refresh halaman browser anda lalu lihat perubahan yang terjadi. Disana akan terlihat modul-modul yang ditambahkan tampil sebagai fungsi yang sudah siap mensupport PHP.

Mengelola Database MySQL
Pengelolaan database MySQL melalui browser dengan menggunakan PHPMyAdmin, aplikasi ini dapat kita install dengan mengetikkan perintah pada shell terminal sebagai berikut :
apt-get install phpmyadmin
Selain PHPMyAdmin, ada juga aplikasi desktop yang bisa kita gunakan sebagai aplikasi untuk mengelola database MySQL, salah satu yang menjadi referensi saya adalah NaviCat Lite (Gratis dan Powerfull, kombinasi yang maut untuk seorang programmer).
*Catatan, untuk NaviCat ini akan saya bahas pada artikel lainnya (sabar yaa...)

Selamat Bercoding Ria
Overall aplikasi anda sudah siap, dan anda sudah bisa mulai untuk mendevelop aplikasi berbasis web. Sebagai referensi saya ambil dari berbagai artikel dan tutorial berikut daftarnya :

Comments

  1. good good goog tk atas postingannya

    ReplyDelete
  2. tambah terus postinganmu, insya Allah cukup membantu rekan2 simpuser terutama pemula, yaaa seperti aku inilah.

    ReplyDelete
  3. lha nek kanggo versi lainnya bagaimana, masa cuma 10.10, posting dong yg lain

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

game nfsu

akhir2 ini aku keranjingan main game nfsu dan ini ku coba untuk mengupdate jenis mobil Acura RSX (Custom): Information in this section was contributed by DoughnutMaster13. Body Front Bumper: Vortex Rear Bumper: Spyder Side Skirts: Crank Spoiler: Ground Master Roof Scoop: Typhoon Dual Headlights: Elan Taillights: Chrome Mirrors: Streetstack Muffler Tip: Rocket Rims: Lexani Enfinity 19" Paint Base: Pearlescent, second row, second from left, dark blue Roof Scoop: Same as base Spoiler: Same as base Mirrors: Same as base Rims: Stock Brakes: Red Engine: Red Muffler Tip: Chrome Vinyl Bottom layer: Top layer, Demon Color 1: Yellow Color 2: White Specialties gauges: Retro, White, White, Red Neon: All neon is red Tint: Dark pearl black Lights: Xenon 8000k Purge: Type 3 red Hydraulics: Level 3 Audio Layout: Custom Slot 1 : Kenwood LCD 5.5' Slot 2 : Crossover small Slot 3 : MTX sub 12" Slot 4 : MTX sub 12" Slot 5 : JL audio amp 1000 watts
Di dasar relung jiwaku Bergema nyanyian tanpa kata; sebuah lagu yang bernafas di dalam benih hatiku, Yang tiada dicairkan oleh tinta di atas lembar kulit ; ia meneguk rasa kasihku dalam jubah yg nipis kainnya, dan mengalirkan sayang, Namun bukan menyentuh bibirku. Betapa dapat aku mendesahkannya? Aku bimbang dia mungkin berbaur dengan kerajaan fana Kepada siapa aku akan menyanyikannya? Dia tersimpan dalam relung sukmaku Karena aku risau, dia akan terhempas Di telinga pendengaran yang keras. Pabila kutatap penglihatan batinku Nampak di dalamnya bayangan dari bayangannya, Dan pabila kusentuh hujung jemariku Terasa getaran kehadirannya. Perilaku tanganku saksi bisu kehadirannya, Bagai danau tenang yang memantulkan cahaya bintang-bintang bergemerlapan. Air mataku menandai sendu Bagai titik-titik embun syahdu Yang membongkarkan rahasia mawar layu. Lagu itu digubah oleh renungan, Dan dikumandangkan oleh kesunyian, Dan disingkirkan oleh kebisingan, Dan dilipat oleh kebenaran, Dan diulang-ulan

Para Penjilat

Para Penjilat Naskah Monolog Toga Nainggolan Aku : perkenalkan saya, hmmm…siapa ya???( dengan wajah pura-pura tahu ). Sebut saja saya Robert, atau Michael. Ya hanya nama itu yang bisa mencerminkan betapa kayanya saya. (   berjalan-jalan mengelilingi stage, sambil berpikir lagi   ) Aku : aku memang kaya, tapi maaf saya bukan maksud hati untuk sombong atau congkak, tapi buat apa minta maaf, iya khan?( dengan wajah sinis ) (   duduk dikursi sambil mengangkat kaki satu keatasnya   ) Aku :kalian tahu, sebenarnya saya ini ramah, sudah kaya pula. Tapi kenapa kalian-kalian memaksa ku menjadi begini?( dengan nada marah )