Skip to main content

perkembangan Ubuntu pada Linux

Assalamualaikum. Tulisan kali ini hanya ingin mereview perkembangan ubuntu dari waktu kewaktu, dimulai dari ubuntu 4.10 (codename: Warty Warthog) sampai yang kabarnya rilis april 2012 nanti yaitu ubuntu 12.04 (Precise Pangolin).
Dalam pengembangannya, ubuntu menunjukan keseriusannya untuk inovasi dalam dunia distro linux yang ada, dengan penggunaan interface yang semakin menarik setiap rilisnya. Berikut adalah versi Ubuntu dari awal rilisnya pada tanggal 20-10-2004:
1. Ubuntu 4.10 (codename: Warty Warthog)
Dirilis pada 20.10.2004. Ubuntu saat awal rilis belum menunjukan interface yang dibilang cantik dan menarik untuk pengguna desktop kala itu, karena jika dari segi interface masih kalah jika dibandingkan Windows XP yang kala itu menguasai pasar dunia, yang memiliki tamilan lebih fresh dengan warna dasar biru.

2. Ubuntu 5.04 (codename: Hoary Hedgehog)
Dirilis pada tanggal 08.04.2005. Untuk ubuntu versi ini mendapat perubahan pada penggunann place pada launcher aplikasi gnome panel, mungkin dimaksudkan untuk mempermudah pengkategorian. Dari segi interface tidak banyak melakukan perubahan.

3. Ubuntu 5.10 (codename: Breezy Badger)
Dirilis pada tanggal 13.10.2005. Masih mengusung dengan warna coklat, dan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Namun sudah ada penggunaan logo ubuntu orange di launcher aplikasi di gnome panel.

4. Ubuntu 6.06 LTS (codename: Dapper Drake)
Dirilis pada tanggal 01.06.2006. Ubuntu versi ini adalah LTS (Long Term Support) yang artinya mendapat dukungan jaka panjang, berbeda dengan versi standard yang hanya mendapat dukungan 2 tahun, untuk versi LTS mendapat dukungan 4 tahun. Ubuntu 6.06 mendapatkan dukungan akhirnya pada tanggal 01.06.2011 tahun kemarin. Ubuntu versi ini memdapatkan perubahan pada icon yang lebih smooth dan window yang lebih cerah dengan penggunaan warna orange agak kecoklatan.

5. Ubuntu 6.10 (codename: Edgy Eft)
Versi ini masih sama dengan pendahulunya versi 6.04. Jadi tidak ada yang istimewa, hanya saja ada perubahan yang mungkin sedikit terlihat yaitu kesan gelap dari warna coklat kini sudah berubah menjadi sedikit warna orange  dan lebih cerah.

6. Ubuntu 7.04 (codename: Feisty Fawn)
Dirilis pada tanggal 19.04.2007. Lagi-lagi tidak mengalami perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan windows yang kala itu sudah merilis windows vistanya yang bernuansa gelap dan aero. Namun ubuntu versi ini sudah banyak melakukan perubahan dibanding versi awalnya dan telah didukung oleh banyak aplikasi berlisensi GPL.

7. Ubuntu 7.10 (codename: Gutsy Gibbon)
Dirilis pada tanggal 8.10.2007. Belum banyak perubahan berarti pada versi ini dari segi interface.

7. Ubuntu 8.04 LTS (codename: Hardy Heron)
Dirilis 24.04.2008. Versi LTS selanjutnya dari ubuntu, dukungan berakhir setahun lagi untuk versi server pada 04.2013 nanti.

8. Ubuntu 8.10 (codename: Intrepid Ibex)
Dirilis pada tanggal 30.10.2008. Pada versi ini ubuntu telah sedikit mnegubah interfacenya dengan mengusung tema brown, tampak lebih elegan.

9. Ubuntu 9.04 (codename: Jaunty Jackalope)
Rilis pada tanggal 23.04.2009. Keseriusan untuk menonjokan interface mulai tampak disini, dengan menusung tema dark ambiance pada tema GTK dan lebih tertata rapi. Terlihat lebih menawan dan anggun.
Ubuntu 9.04 Beta
10. Ubuntu 9.10 (codename: Karmic Koala)
Rilis pada tanggal 29.10.2009. Pada Ubuntu versi ini muncul versi netbook edition yang didesain khusus untuk lingkungan netbook, tampilannya lebih fresh untuk dilihat, dan ini menjadi titik awal perkembangan unity yang saat ini sedang dikembangkan ubuntu.

11. Ubuntu 10.04 LTS (codename Lucid Lynx)
Rilis tanggal 29.04.2010. Sengaja saya tampilkan versi netbook karena tampilannya lebih futuristik, untuk versi pc masih mengusung tema yang sama seperti pendahulunya namun menggunakan border dark ambiance.

12. Ubuntu 10.10 (codename: Maverick Meerkat)
Rilis pada tanggal 10.10.2010. Ini adalah versi ubuntu kesayangan saya karena sangat stabil dan nyaman digunakan. Untuk versi 10.04 dan 10.10 mengusung warna dasar Ungu dan dark ambiance, lebih terlihat smooth dan penggunaan icon humanity yang baru.

13. Ubuntu 11.04 (codename: Natty Narwhal)
Rilis 28.04.2011. Pada ubuntu versi ini sudah mengadopsi tampilan netbook editionnya yang dinamakan unity desktop dan launchernya disebut unity launcher. Namun pada versi ini masih terdapat banyak bug karena selalu crash dengan compiz, banyak user yang tidak suka dengan perubahan ini. Namun tampilannya memang lebih futuristik karena hasil kombinasi dengan gnome versi 3.0 dan unity desktop.

14. Ubuntu 11.10 (codename: Oneiric Ocelot)
Rilis tanggal 13.10.2011. Versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya, karena compiz sudah berjalan dengan baik disini, dengan pengembangan desktop Unity yang lebih baik, Ubuntu versi ini sudah tidak menggunakan Gnome 3 sebagai DE default, karena pembatasan yang dilakukan pada efek-efek desktop seperti compiz, namun Unity tetap dibangun diatas lingkungan Gnome 3.
Saya menyisipkan versi unty dan Gnome-shellnya:


15. Ubuntu 12.04 (codename: Precise Pangolin)
Rilis pada bulan April tahun ini. Banyak yang akan diperbaiki dan ditambah fitur baru seperti HUD dan pencarian video youtube langsung melalui launcher pada ubuntu versi ini, untuk update terbaru bisa melihat langsung di webupd8 dan website resmi ubuntu.

Sekian Review dari saya. :)

Comments

  1. maju terus open source, maju terus linux, semoga selalu muncul inovasi terbarukan, terima kasih yg selalu posting seputar linux

    ReplyDelete
  2. to,......... bagaimana sih cara menampilkan gambar yg sedang aktif, nek spt di hp samsung namanya screencapture, seperti panduanmu pada postingan ini, terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

game nfsu

akhir2 ini aku keranjingan main game nfsu dan ini ku coba untuk mengupdate jenis mobil Acura RSX (Custom): Information in this section was contributed by DoughnutMaster13. Body Front Bumper: Vortex Rear Bumper: Spyder Side Skirts: Crank Spoiler: Ground Master Roof Scoop: Typhoon Dual Headlights: Elan Taillights: Chrome Mirrors: Streetstack Muffler Tip: Rocket Rims: Lexani Enfinity 19" Paint Base: Pearlescent, second row, second from left, dark blue Roof Scoop: Same as base Spoiler: Same as base Mirrors: Same as base Rims: Stock Brakes: Red Engine: Red Muffler Tip: Chrome Vinyl Bottom layer: Top layer, Demon Color 1: Yellow Color 2: White Specialties gauges: Retro, White, White, Red Neon: All neon is red Tint: Dark pearl black Lights: Xenon 8000k Purge: Type 3 red Hydraulics: Level 3 Audio Layout: Custom Slot 1 : Kenwood LCD 5.5' Slot 2 : Crossover small Slot 3 : MTX sub 12" Slot 4 : MTX sub 12" Slot 5 : JL audio amp 1000 watts

Para Penjilat

Para Penjilat Naskah Monolog Toga Nainggolan Aku : perkenalkan saya, hmmm…siapa ya???( dengan wajah pura-pura tahu ). Sebut saja saya Robert, atau Michael. Ya hanya nama itu yang bisa mencerminkan betapa kayanya saya. (   berjalan-jalan mengelilingi stage, sambil berpikir lagi   ) Aku : aku memang kaya, tapi maaf saya bukan maksud hati untuk sombong atau congkak, tapi buat apa minta maaf, iya khan?( dengan wajah sinis ) (   duduk dikursi sambil mengangkat kaki satu keatasnya   ) Aku :kalian tahu, sebenarnya saya ini ramah, sudah kaya pula. Tapi kenapa kalian-kalian memaksa ku menjadi begini?( dengan nada marah )
Di dasar relung jiwaku Bergema nyanyian tanpa kata; sebuah lagu yang bernafas di dalam benih hatiku, Yang tiada dicairkan oleh tinta di atas lembar kulit ; ia meneguk rasa kasihku dalam jubah yg nipis kainnya, dan mengalirkan sayang, Namun bukan menyentuh bibirku. Betapa dapat aku mendesahkannya? Aku bimbang dia mungkin berbaur dengan kerajaan fana Kepada siapa aku akan menyanyikannya? Dia tersimpan dalam relung sukmaku Karena aku risau, dia akan terhempas Di telinga pendengaran yang keras. Pabila kutatap penglihatan batinku Nampak di dalamnya bayangan dari bayangannya, Dan pabila kusentuh hujung jemariku Terasa getaran kehadirannya. Perilaku tanganku saksi bisu kehadirannya, Bagai danau tenang yang memantulkan cahaya bintang-bintang bergemerlapan. Air mataku menandai sendu Bagai titik-titik embun syahdu Yang membongkarkan rahasia mawar layu. Lagu itu digubah oleh renungan, Dan dikumandangkan oleh kesunyian, Dan disingkirkan oleh kebisingan, Dan dilipat oleh kebenaran, Dan diulang-ulan